Apakah Anda Unik?

oleh Stuart Lisonbee

Ada sesuatu yang telah saya bicarakan beberapa kali di sini di situs ini, serta di buletin Doba. Faktanya, itu adalah salah satu hal pertama yang saya bicarakan tak lama setelah bergabung dengan Doba beberapa tahun yang lalu.

Meskipun saya telah membahas ini sebelumnya, selalu ada baiknya untuk mengungkitnya lagi.

Saya ingin Anda bertanya pada diri sendiri tentang bisnis Anda. Apakah kamu unik? Dan apa yang unik tentang Anda atau bisnis Anda?

Jika seseorang bertanya kepada saya pertanyaan yang sama tentang Doba, saya akan mengatakan bahwa kami menawarkan akses ke lebih banyak produk dan lebih banyak pemasok daripada layanan pengiriman drop lainnya.

Hal unik tentang bisnis Anda inilah yang oleh pemasar disebut sebagai proposisi penjualan unik Anda, atau USP (Saya membahas ini sebagian dalam buletin kami edisi Juni 2004, dan menyebutnya sebagai nilai jual unik dalam edisi Oktober 2004).

Proposal penjualan unik Anda adalah bagaimana Anda memisahkan diri Anda — di mata pelanggan Anda — dari pesaing Anda. Intinya, itu alasan Anda memberi pelanggan Anda untuk membeli dari Anda daripada persaingan.

Jadi apa proposisi penjualan unik Anda? Jika Anda belum pernah memikirkannya sebelumnya, apa yang Anda inginkan? Jika Anda berkata, "Untuk mendapatkan harga terendah yang mutlak," Anda harus berpikir lebih banyak lagi. Itu adalah salah satu USP terburuk yang mungkin Anda miliki.

Memiliki harga terendah berarti Anda menghasilkan lebih sedikit uang, dan pemotongan laba itu memengaruhi lebih dari sekadar keuntungan Anda. Ini memengaruhi semua aspek bisnis Anda, seperti ketidakmampuan untuk memberikan dukungan pelanggan yang baik (karena Anda tidak mampu membelinya), mengembangkan alat baru dan inovatif untuk situs Anda, melakukan uji kegunaan, dan sebagainya. Bisnis Anda akan mulai tampak lebih dan lebih seperti toko fly-by-night daripada perusahaan resmi yang dapat menanamkan kepercayaan pada pelanggannya.

Tidak ada jalan lain. Menjalankan bisnis membutuhkan uang. Menjalankan bisnis dengan baik membutuhkan lebih banyak uang. Jangan biarkan bisnis Anda bangkrut saat mencoba menjadi pemimpin harga rendah. Sebaliknya, temukan proposisi penjualan yang unik untuk bisnis Anda dan lakukan satu hal itu lebih baik daripada orang lain, atau lebih baik jadilah satu-satunya orang yang benar-benar melakukannya!

Berikut adalah contoh pribadi dari proposisi penjualan unik yang saya temukan ketika saya menjalankan bisnis komputer ritel. USP saya menawarkan pengiriman ke rumah dan pengaturan komputer yang baru dibeli. Selain itu, saya akan menawarkan dukungan teknis di tempat.

Saya tidak pernah melakukannya karena harganya terlalu mahal. Solusinya adalah menagihnya. Tetapi saya tidak pernah melakukan itu karena saya tidak berpikir ada orang yang akan membayarnya. Di dunia di mana setiap pengecer komputer menawarkan dukungan gratis melalui telepon, mengapa ada orang yang bersedia membayar dukungan di tempat?

Nah, pernahkah Anda mendengar tentang Geek Squad? Pendiri Geek Squad memiliki ide yang sama dengan saya. Perbedaannya adalah mereka benar-benar mengimplementasikan idenya. Sekarang mereka menjalankan bisnis yang sukses dan berkembang. Dan alasan utama kesuksesan mereka adalah mereka menemukan proposisi penjualan unik yang akan mengangkat mereka di atas persaingan.

Pelajarannya di sini: jangan takut menjadi unik! Rangkullah keunikan Anda dan lihat bisnis Anda berkembang.

Bacalah beberapa contoh bagus dari perusahaan yang telah berhasil memasarkan USP mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mesin Pemotong CNC

Operator mesin pemotong CNC saat ini mendemonstrasikan banyak keterampilan yang sama dengan yang dimiliki oleh berbagai pengrajin tradisiona...